Teknologi Pendukung: Teknologi yang Mendukung Aksesibilitas dan Inklusi

Teknologi pendukung sangat penting untuk berfungsinya masyarakat yang lebih inklusif, dan hal ini tidak berbeda ketika kita berbicara tentang bidang komunikasi dan pemasaran perusahaan, yang menuntut hubungan dengan masyarakat dan pengalaman baik mereka dengan merek.

Semua warga negara mempunyai sesuatu untuk disumbangkan kepada masyarakat, sehingga pengucilan individu membawa kerugian bagi masyarakat. Beberapa orang dengan jenis kesulitan fisik atau intelektual tertentu mungkin memerlukan dukungan untuk otonomi, pengembangan, dan inklusi mereka.

Dukungan ini disebut teknologi bantu , dan banyak orang mungkin membutuhkannya sepanjang hidup mereka atau hanya untuk jangka waktu tertentu. Oleh karena itu, seluruh masyarakat harus sadar dan mengetahui bentuk-bentuk aksesibilitas.

Ketahuilah bahwa teknologi ini tidak terbatas pada perangkat saja, namun lebih jauh lagi. Cari tahu lebih lanjut dalam teks ini.

Apa itu teknologi bantu?

Istilah ini diciptakan pada tahun 1998 di Amerika Serikat, dan di Brasil, istilah ini diresmikan pada tahun 2016 oleh CAT, Komite Bantuan Teknis Sekretariat Hak Asasi Manusia. Komite ini membuat Undang-Undang Inklusi dan mewajibkan penggunaan teknologi pendukung di lingkungan sekolah dan perusahaan.

Teknologi bantu bertujuan untuk melibatkan orang-orang berkebutuhan khusus dalam konteks pendidikan, transportasi, dan pekerjaan. Mereka tidak terbatas pada penggunaan perangkat elektronik saja. Mereka adalah bagian dari bidang pengetahuan multidisiplin, yang mencakup strategi, metodologi, sumber daya, produk, praktik, dan layanan.

Jenis teknologi bantu apa yang ada?

Sebuah studi kelas dunia membagi teknologi bantu menjadi dua belas kategori, sesuai dengan sifat dan fungsinya.

Segmentasi ini bertujuan untuk memudahkan pemahaman tentang aksesibilitas dan perkembangan teknologi baru . Mari kita mengenal mereka masing-masing.

Teknologi bantu untuk kehidupan sehari-hari dan praktis
Ini adalah produk dan layanan yang membantu orang-orang dalam kehidupan sehari-hari dengan tugas-tugas dasar untuk bertahan hidup. Misalnya makan, mandi, bergerak, berpakaian, mengurus rumah, dan lain-lain.

Komunikasi augmentatif dan alternatif

Ditujukan untuk orang-orang dengan kesulitan komunikasi. Ini mencakup keterbatasan atau tidak adanya ucapan, pemahaman konteks pesan dan juga kesulitan menulis. Ini adalah metode yang digunakan untuk melengkapi atau menggantikan interaksi. Ini mungkin hanya isyarat atau memerlukan materi.

Fitur Aksesibilitas Komputer

Seiring dengan semakin pentingnya komputer dalam kehidupan sehari-hari, kami melihat pentingnya aksesibilitas digital dan betapa ini merupakan kategori yang besar. Mereka menggunakan perangkat tertentu untuk tujuan berbeda sesuai dengan kebutuhan tertentu.

Perangkat lunak atau perangkat keras khusus dapat digunakan. Perangkat keras adalah peralatan fisik, seperti keyboard atau printer khusus. Perangkat lunak adalah program yang akan diinstal pada komputer.

Sistem Pengendalian Lingkungan

Ini adalah aktivasi suara yang digunakan oleh orang-orang dengan mobilitas terbatas untuk tugas sehari-hari, seperti menyalakan lampu atau membuka dan menutup jendela dan pintu.

Proyek arsitektur untuk aksesibilitas

Mereka mencakup arsitektur perkotaan dan konstruksi bangunan publik atau swasta. Hal ini termasuk jalur landai untuk orang dengan keterbatasan gerak, sinyal suara di lampu lalu lintas, lantai taktil untuk tunanetra, kamar mandi atau furnitur yang disesuaikan untuk pengguna kursi roda, dan lain-lain.

Ortotik dan prostetik

Orthosis dapat membantu pergerakan tubuh ketika dimasukkan ke dalam organ yang fungsinya berkurang — misalnya, kaki robot dan meja berdiri. Prostetik digunakan untuk menggantikan organ yang tidak ada.

Kecukupan postur

Ini adalah sumber daya yang membantu istirahat tubuh guna menjaga postur tubuh yang cukup agar tidak menimbulkan kerusakan dan nyeri. Bisa dalam posisi berbaring, duduk atau berdiri, dengan sandaran anatomis dan positioner untuk stabilitas.

Alat bantu mobilitas

Kategori ini mencakup perlengkapan mobilitas, seperti alat bantu jalan, tongkat sederhana atau elektronik (yang mengeluarkan sinyal suara), kursi roda, atau skuter.

Bantuan bagi penyandang tunanetra atau tunanetra

Termasuk semua perlengkapan yang membantu penglihatan bagi mereka yang tidak dapat melihat secara sempurna. Termasuk sumber daya optik seperti lensa, kaca pembesar, kaca pembesar layar, perangkat lunak untuk membaca teks atau layar, perangkat keras untuk mencetak Braille. Ada juga bantuan dari hewan terlatih untuk pemantauan.

Bantuan bagi penyandang tuna rungu atau gangguan pendengaran

Semua perangkat yang membantu pendengaran mereka yang tidak dapat mendengar sepenuhnya. Ini bisa berupa alat bantu dengar, sistem dengan peringatan sentuhan visual, telepon dengan keyboard tele-type (TTY), penerjemah bahasa isyarat (Libra), dll.

Adaptasi kendaraan

Sumber daya dan peralatan yang membantu orang dengan keterbatasan mobilitas mengemudikan kendaraan, seperti kursi dan sabuk pengaman yang disesuaikan, fasilitator naik dan turun, adaptor pedal, dll.

Olahraga dan rekreasi

Bantuan untuk aksesibilitas terhadap olah raga dan rekreasi, seperti bola dengan alat suara untuk tunanetra.

Bagaimana cara menggunakan teknologi bantu di perusahaan?

Perusahaan perlu beradaptasi dengan undang-undang dan menawarkan karyawan dan pelanggan berkebutuhan khusus kemampuan untuk bergerak dan memenuhi tujuan mereka dalam lingkungan. Mari kita lihat beberapa tipsnya.

Sinyal cahaya: menggantikan semua jenis notifikasi suara, digunakan sebagai dukungan bagi tunarungu. Misalnya, nada dering ponsel Anda harus menyertakan lampu berkedip.
Jalur akses: setiap kali terdapat tangga, perlu disediakan jalur alternatif bagi orang-orang dengan mobilitas terbatas.

Ruang yang disesuaikan: semua lingkungan harus disesuaikan, seperti tangga dengan pegangan tangan dan koridor dengan ruang untuk kursi roda, lantai dengan pemandangan terang dan taktil untuk orang dengan gangguan penglihatan atau tunanetra, kamar mandi dengan ruang untuk pengguna kursi roda dan penyangga dinding.

Furnitur yang disesuaikan secara ergonomis: ketinggian meja, kursi, dan lemari harus disesuaikan bila ada pengguna kursi roda.

Papan tanda braille: semua tanda lokasi harus memuat informasi dalam huruf Braille, seperti pintu kamar mandi, nomor kamar, dll.

Penerjemah Libra dan terjemahan bahasa isyarat: sewalah penerjemah Libra untuk acara bila memungkinkan. Jika tidak memungkinkan, atau setiap hari, gunakan platform yang mentranskripsikan konten ke Libra.

Telepon yang disesuaikan: digit yang lebih besar, panggilan dengan sinyal cahaya, digit Braille membantu orang dengan gangguan penglihatan dan gangguan penglihatan.
Komputer yang disesuaikan: perangkat keras seperti mouse dan keyboard harus disesuaikan dengan kebutuhan, serta memiliki perangkat lunak pembaca dokumen dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan.

Bagaimana cara menggunakan teknologi bantu di sekolah?

Sekolah harus menawarkan hal yang sama seperti perusahaan, memberikan inklusi bagi karyawan dan siswa. Perbedaannya adalah mereka juga perlu memasukkan tindakan pencegahan ini ke dalam pembelajaran, kegiatan kelas, bahan pengajaran dan persiapan guru untuk menangani siswa berkebutuhan khusus.

Sekolah adalah tempat di mana anak-anak dan remaja berkebutuhan khusus memulai sosialisasi dan penggunaan teknologi bantu, dan di sinilah mereka harus bersiap menghadapi hal ini. Demikian pula, siswa yang tidak membutuhkan teknologi ini harus melakukan kontak pertama dengan teknologi tersebut, untuk menaturalisasikan penggunaannya bagi mereka yang membutuhkannya.

Apa yang dimaksud dengan teknologi bantu untuk web?

Tidak ada inklusi sosial tanpa aksesibilitas digital , dan teknologi baru selalu bermunculan. Mari kita lihat beberapa contoh dan berita yang digunakan saat ini.

Pembesar gambar

Pembesar gambar menggunakan alat memperbesar dan memperkecil untuk orang dengan gangguan penglihatan. Beberapa menawarkan opsi kontras tinggi dan penunjuk tetikus.

Beberapa pilihan program pembesar gambar:

Windows Magnifier: ini yang paling terkenal dan paling mudah diakses, cukup aktifkan di menu mulai, dan gratis;
MAGic: dianggap yang terbaik oleh banyak pengguna, tetapi Anda harus membayar;
ZoomText: dianggap oleh banyak orang sebagai yang terlengkap, tetapi mahal.
Pembaca Layar
Selain membaca teks di layar, pembaca juga membaca gambar, namun untuk melakukan hal ini produser konten perlu menulis teks yang menjelaskannya. Yang paling terkenal adalah:

NVDA: gratis dan tidak perlu diinstal pada sistem;
JAWS: dianggap oleh banyak pengguna sebagai yang terbaik dan terlengkap, tetapi mahal;
Visi Virtual: ini adalah satu-satunya yang sepenuhnya Brasil dan dianggap bagus, tetapi berbayar.
Penerjemah Libra untuk situs web dan penggunaan platform terjemahan
Konten komunikasi dalam video harus memiliki juru bahasa Libra. Platform terjemahan Libra juga membantu mengatasi masalah ini. Beberapa yang sudah ada adalah ICOM dan Hand Talk.

Navigasi papan ketik
Cocok untuk mereka yang tidak memiliki mouse atau yang kesulitan menggunakannya. Ini adalah kunci yang ditawarkan oleh browser atau dihasilkan oleh pengembang situs web. Hal ini bertujuan untuk membuat pengalaman browsing di halaman tersebut lebih mudah dan nyaman. Untuk mencapai hal ini, konten harus disusun secara logis.

tampilan braille
Ini adalah perangkat keras yang menampilkan informasi layar dalam Braille. Ini memiliki beberapa tombol untuk mengontrol navigasi dan menjalankan perintah pembaca layar. Dapat digunakan di komputer desktop, laptop, atau ponsel. Sayangnya, biayanya mahal sehingga kurang dikenal di Brasil.

Monitor dengan sistem warna untuk penderita buta warna
Sistem ini ditujukan untuk orang-orang dengan berbagai jenis kesulitan dalam melihat warna dengan benar, sehingga lebih mudah untuk memahami grafik dan informasi.

Headmouse dan keyboard virtual
Headmouse memungkinkan orang yang kesulitan memanipulasi mouse untuk mengakses informasi melalui gerakan kepala, gerakan wajah, dan kedipan mata. Itu dapat diinstal di komputer mana pun dengan webcam sederhana. Keyboard virtual melengkapi headmouse melalui aplikasi.

Keyboard dan mouse melalui mulut
Ini adalah sistem revolusioner yang telah diteliti secara intensif selama bertahun-tahun. Pada tahun 2008, hal itu menjadi kenyataan melalui proyek Rusia.

Sekarang Anda lebih memahami apa itu teknologi bantu dan apa itu teknologi bantu. Tahukah Anda bahwa profesional komunikasi perlu menyadari masalah aksesibilitas jika mereka ingin menghasilkan konten yang menjangkau semua orang? Beberapa teknologi bantu memerlukan pelengkap terhadap materi yang dihasilkan, terutama di lingkungan online.